Kamis, 16 Desember 2010

Laporan dan Tugas Linu


Ubuntu 9.10

MENGINSTAL UBUNTU 9.10
Anda memerlukan sebuah CD Ubuntu 9.10 untuk memulai instalasi. Silahkan anda pilih yang sesuai dengan perangkat keras yang anda miliki. Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal :
Booting linux dari bios lalu pilih bahasa yang akan anda pakai :

Setelah kita memilih bahasa,maka akan keluar tampilan menu dan pilih install ubuntu lalu tekan enter.

Kemudian program akan loading dan anda akan melihat tampilan wallpaper untuk beberapa saat.Lalu muncul tampilan dimana anda dapat memilih bahasa untuk proses instalasi.

Pilih forward untuk melanjutkan.Selanjutnya anda akan menentukan lokasi dimana anda berada.Anda hanya meng-klik list dibawah gambar untuk memilihnya.Setelah memilih lokasi klik forward.
Selanjutnya Anda memilih layout keyboard sesuai yang diinginkan.Setelah anda memilih klik forward untuk melanjutkan .

Langkah selanjutnya adalah pembagian/penentuan partisi.Di dalam pembagian/penentuan partisi ini terdapat empat cara(pilihan),yaitu :
  1. Jika kita sudah mempunyai system operasi sebelumnya(misal sudah memakai windows xp) dan kita akan menggunakan dual boot maka pilih opsi pertama yaitu “Install them side by side,coosing between them at each startup”.
  2. Selanjutnya jika anda ingin menghapus system operasi yang sudah ada,atau hard disk sudah kosong dan anda ingin program memartisinya maka anda memilih opsi kedua yaitu " Erase and use the entire disk "                                                                                                                       
  3. Pada opsi ini jika anda akan menginstal ubuntu pada space yang belum dipartisi pada hard disk yang telah dipilih,maka anda memilih “ Use the largest continuous free space”
  4. Opsi ini digunakan untuk membuat partisi khusus atau melakukan format hard disk dengan file tertentu yaitu ”Specify partitions manually”.

Setelah kita memilih salah satu diantara empat opsi diatas(misal opsi pertama),maka klik tombol forward untuk melanjutkan instalasi.Dan akan muncul tampilan kolom yang harus anda isi.Yaitu kolom untuk menyebutkan nama anda,kemudian kolom yang akan digunakan sebagai nama/username sewaktu log in pada system,kolom password serta kolom nama komputer(sudah tertulis secara otomatis namun dapat anda ganti).

Setelah menuliskan nama komputer ,pada tampilan ini juga terdapat pilihan “ log in automatically ” yang berarti jika kita mencentang/memilih opsi ini kita akan log in secara otomatis pada ubuntu desktop.Atau jika kita ingin log in dengan menggunakan password kita dapat memilih opsi “ Require my password to log in “.Setelah kita memilih maka klik tombol forward untuk melanjutkan.Di tahapan ini kita dapat menginstall boot loader pada partisi lain tetapi tidak diharuskan,lebih baik kita memilih advanced dan pilih drive yang benar(USB stick) lalu klik install.Maka system operasi pun segera diinstal.
Setelah proses selesai akan mencul peringatan bahwa installasi telah selesai(Install Complete) dan kita diperintahkan untuk me-restart komputer,maka klik restart now.
Cd akan dikeluarkan dari CD-Rom,dan tekan enter untuk reebot.Komputer akan direset dan anda dapat langsung menggunakan Ubuntu 9.10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar